Militer

Kakesdam VI Mulawarman Berganti, Dr Puguh Santoso Mendapat Jabatan Baru Sebagai Kadep Kukel RSPAD

BALIKPAPAN—Pucuk pimpinan Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) VI Mulawarman kini berganti, dari Kolonel CKM dr Puguh Santoso SpKK kepada penggantinya yang baru Kolonel CKM dr Pontjo Yunarko SpPD MARS. Acara pergantian jabatan ini digelar dengan acara Lepas Sambut yang dilaksanakan di Aula Kesdam VI Mulawarman, Sabtu (30/10/2021).

Kolonel CKM dr Puguh Santoso SpKK sendiri sudah menjabat sebagai Kakesdam VI Mulawarman selama 2 tahun 3 bulan. Di mana selama ia menjabat sebagai Kakesdam, bertepatan dengan adanya Pandemi Covid 19. Ia mengatakan, selama masa Pandemi Covid 19 itu, jajarannya sudah mengerahkan semua personilnya dalam mengobati hingga pemulihan melalui vaksinasi kepada sejumlah warga yang ada di wilayah Kesdam VI Mulawarman. 

Ia juga mengenang, selama menjabat sebagai Kakesdam VI Mulawarman ada yang tak pernah ia lupakan. Salah satunya adalah vaksinasi, di mana pihaknya juga terjun langsung dalam mendukung pemerintah untuk mempercepat capaian vaksinasi di seluruh wilayah nusantara termasuk di wilayah Kodam VI Mulawarman. “Ya kami keliling ke berbagai wilayah di bawah wilayah Kodam VI Mulawarman untuk melakukan vaksinasi langsung kepada masyarakat. Tentu ini tak lepas dari pemerintah yang juga punya peranan penting dalam hal ini,” ujar alumni Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Surabaya itu.

Selama menjabat sebagai Kakesdam, tentu saja suka duka pastilah dia alami. Namun menurutnya, itu sebuah dinamika dalam sebuah pekerjaan. Di mana lingkup kesehatan ini sangat luas. Tak hanya mengobati orang sakit, khususnya pasien covid yang membutuhkan perhatian khusus. Seperti ruang isolasi, obat-obatan dan tenaga kesehatannya. Namun juga langkah lainnya, seperti vaksinasi dan memberikan pengarahan kepada semua lapisan masyarakat secara langsung agar wajib menerapkan protokol kesehatan.

Alumni pendidikan spesialis penyakit kulit dan kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Diponogoro Semarang itu juga mengatakan, sejak pernyataan Pandemi Covid 19 masuk ke Indonesia, jajarannya sebagai pelaku mulai dari pernyataan pandemi sampai dengan sekarang yang belum juga dinyatakan selesai masih terus bekerja di dalam menangani Pandemi Covid 19 ini. “Yah, kita paling awal awalnya kala itu, bagaimana meneggakan protokol kesehatan. Memberikan contoh kepada masyarakat. Dan melakukan pengawasan secara terus menerus agar dapat melekat di hati masyarakat. Hal ini sengaja kami lakukan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan terbebas dari Covid 19,” imbuhnya.

Kini Kolonel CKM dr Puguh Santoso SpKK mendapat tugas baru sebagai Kepala Departemen Penyakit Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta. Iapun sempat menulis pesan kepada mantan anggotanya, yang isinya mohon diri dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bimbingan perhatiannya, dukungan dan kerjasamanya yang terjalin selama ini.

Sementara itu pengganti Kolonel CKM dr Puguh Santoso SpKK adalah Kolonel Ckm dr Pontjo Yunarko SpPD MARS FINASIM sebelumnya menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Tingkat II Pelamonia, Kesdam XIV Hasanuddin

Penulis : Alfian Tamzil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *