Militer

54 Personel Militer dan PNS Kesdam VI Mulawarman Naik Pangkat

BALIKPAPAN—Sejumlah 54 personel militer dan PNS di lingkungan Kesdam VI Mulawarman naik pangkat pada hari ini. Acara Korps Rapot Kenaikan pangkat Periode 1 Oktober 2021 ini digelar di Aula Kesdam VI Mulawarman. Acara ini dipimpin langsung oleh Kakesdam VI Mulawarman Kolonel CKM dr Puguh Santoso SpKK dan dihadiri Ketua Komite Medik, SMF Dokter Spesialis Golongan IV/Kolonel. Kolonel CKM dr Afrizal SpAn, Waka Rumkit Tingkat II Dr R Hardjanto Balikpapan. Dandenkeslap 06.03.01 Balikpapan. Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting V Kes Cabang IV PD VI Mulawarman beserta pengurus serta sejumlah Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS di lingkungan Kesdam VI Mulawarman yang dilaksanakan di aula Kantor Kesdam VI Mulawarman, Jumat pagi (1/10/2021).

Secara keseluruhan, pada periode 1 Oktober 2021 ini, prajurit dan PNS Kesdam VI Mulawarman yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula berjumlah 54 orang.  Anggota Kesdam VI Mulawarman yang naik pangkat itu diantaranya 11 orang untuk level perwira menengah, yang terdiri dari Letkol ke Kolonel 1 orang, yaitu Kolonel CKM Zainal Alim SpOG. Kemudian Mayor ke Letkol berjumlah 3 orang, diantaranya adalah Letkol CKM dr Ragu Raman SpKJ, Letkol CKM dr Fadil SpU dan Letkol CKM dr Yahones Kurniawan SpB. Kemudian untuk perwira pertama terdiri dari Kapten ke Mayor 1 orang. Lettu ke Kapten 2 orang dan dari Letda ke Lettu sebanyak 4 orang.

Sementara itu untuk di tingkat Bintara ada berjumlah 13 orang. Terdiri dari Serma ke Pelda 1 orang. Serka ke Serma 7 orang. Sertu ke Serka berjumlah 5 orang. Begitu pula untuk tingkat Tamtama yang naik pangkat berjumlah 12 orang dan untuk PNS yang naik pangkat berjumlah 16 orang.

Kakesdam VI Mulawarman Kolonel CKM dr Puguh Santoso SpKK dalam sambutan tertulisnya mengucapkan selamat kepada personil militer yang hari ini naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula yang diterima pada periode 1 Oktober 2021 hari ini. “Semoga kenaikan pangkat ini, dapat dijadikan pendorong serta motivasi bagi para anggota Kesdam VI Mulawarman untuk lebih meningkatkan kualitas diri, sehingga dapat memberikan pengabdian yang terbaik kepada TNI Angkatan Darat, bangsa dan negara kita tercinta ini,” ujar Kakesdam VI Mulawarman.

Kolonel CKM dr Puguh Santoso SpKK juga menyampaikan, dalam kesempatan ini ia ingin mengajak personelnya secara bersama-sama untuk menyadari dan memahami bahwa kenaikan pangkat bagi prajurit dan PNS sejatinya bukanlah hak yang secara otomatis diterima. Kenaikan pangkat adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh organisasi, sekaligus juga kehormatan atas prestasi dan dedikasi yang telah ditunjukkan oleh prajurit dan PNS di dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara. “Sebagai salah satu implementasi dari sistem pembinaan personel, TNI Angkatan Darat sangat menghargai bakat, kompetensi dan potensi yang dimiliki setiap prajuritnya. Salah satunya diwujudkan melalui penganugerahan kenaikan pangkat ini,” ujar alumni Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang tersebut.

Pada kesempatan yang sama, kepada media ini Kolonel CKM dr Puguh Santoso SpKK mengatakan, dengan adanya kenaikan pangkat ini patut disyukuri sebagai anugerah dari Tuhan yang Maha Kuasa. Sehingga implementasinya jajaran personel Kesdam VI Mulawarman bekerja lebih baik lagi, lebih profesional, demi institusi dan demi satuan. “Seperti yang saya sampaikan tadi bahkwa kenaikan pangkat ini juga bukan diri sendiri semata. Tetapi juga berkat dorongan dan dukungan dari keluarga, dari istri, dari suami, dari anak, mungkin juga orang tua. Jadi itu yang menjadi intinya,” ujar dr Puguh lagi.

dr Puguh Santoso SpKK kembali mengatakan, kenaikan pangkat ini tentu harus melalui beberapa tahapan. Yang pertama adalah faktor masa kerja. Masa Dinas, yang memang sudah ada ketentuannya yang mengatur hal ini. “Kemudian ada pula penilaian pimpinan, itu melihat anggota yang dinaikkan pangkatnya bagaimana kinerjanya, loyalitasnya, kemudian dia ada pelanggaran berat atau tidak. Jadi apabila ada anggota yang melakukan pelanggaran yang sampai ada catatan, maka terpaksa harus kita tunda, terlambat, dibandingkan dengan rekan-rekan lainnya,” ujar alumni Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Universitas Diponogoro Semarang tersebut.

Usai acara kenaikan pangkat, acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada personel yang naik pangkat yang dipimpin langsung oleh Kakesdam VI Mulawarman Kolonel CKM dr Puguh Santoso SpKK diikuti sejumlah pejabat utama dan perwira di lingkungan Kesdam VI Mulawarman. Kemudian acara dilanjutkan dengan momen foto bersama.

Penulis : Alfian Tamzil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *