Umum

KPU Berkunjung ke Kejari Balikpapan

BALIKPAPAN–KPU Kota Balikpapan melakukan audiensi ke kantor Kejaksaan Negeri Balikpapan,  Senin (31/08/2020).

Kunjungan KPU Balikpapan ini dipimpin langsung Noor Thoha bersama seluruh komisioner dan sekretariat KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani. Kehadidran mereka diterima langsung oleh  Kepala Kejaksaan Negeri Balikpapan Dr Josia Koni dengan didampingi oleh sejumlah Kepala Seksi Kejaksaaan Negeri Balikpapan.

Dalam audiensi ini, mereka mendiskusikan sejumlah hal penting diantaranya penguatan kelembagaan. Di mana Kejaksaan merupakan bagian dari stakeholder yang dilibatkan dalam Pilkada untuk ikut memperlancar proses penyelenggaraan pemilihan.

Noor Thoha mengatakan, pihaknya telah berkordinasi dengan Kejari bahwa proses tahapan pilkada serentak juga telah diketahui Kejari Balikpapan. Misalkan senantiasa diikut sertakan di dalam Rakor-Rakor dan dalam event-event yang di gagas KPU Kota Balikpapan. Selain itu menurut Noor Thoha pihaknya meminta Kajari Balikpapan agar pihak Kajari Balikpapan masuk dalam Kelompok Kerja pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan terutama dalam hal membantu menyelesaikan sengketa pilkada.

“Untuk itu, tidak menutup kemungkinan di dalam pencalonan itu ada sengketa. Namanya sengketa keputusan. Nah itu di wilayahnya Kasi Datun. Artinya Kasi Datun itu Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara di Kejaksaaan Negeri Balikpapan ini. Jadi kalau nanti SK KPU disengketakan oleh pihak lain. Maka pengacaranya KPU itu adalah Kejaksaan itu,” jelas Thoha.

Sebelumnya diakui Noor Thoha bahwa, KPU Kota Balikpapan sudah membuat MoU dengan Kejaksaan Balikpapan. Hanya saja, pemungutan dan penghitungan suara waktu itu ditetapkan tanggal 23 September, sementara sudah bergerser ke 9 Desember 2020. “Maka MoU itu nanti kita akan perbaiki. Dan minta kesediaan Kajari untuk mengatur waktunya, kapan bisa melakukan perbaikan MoU tersebut,” jelas Thoha.

Pertemuan dilanjutkan dengan menyerahkan jaket kulit sosialisasi Pilkada 2020 dari Ketua KPU Noor Thoha kepada Kepala Kejaksaan Negeri Balikpapan dengan disaksikan seluruh Komisioner dan para Kepala Seksi Kejaksaan Negeri Balikpapan.

KPU Kota Balikpapan juga menyerahkan sejumlah masker bertuliskan Pilkada Kota Balikpapan Rabu 9 Desember 2020. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *