Militer

Wakili KASAD, Pangdam VI Mulawarman Menjadi Inspektur Upacara pada Pembukaan Latma Garuda Shield ke 15 Tahun 2021 di Balikpapan

BALIKPAPAN—Pangdam VI Mulwarman Mayjen TNI Heri Wiranto menjadi Inspektur upacara dalam rangka pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 yang berlangsung di halaman Makodam VI Mulawarman, Balikpapan, Rabu pagi (4/8/2021).

Hadir pada acara Pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield ke 15 tahun 2021 itu diantaranya, Gubernur Kalimantan Timur DR Isran Noor MSi, Wadan Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Eka Wiharsa, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, M.Si serta sejumlah pejabat utama di lingkungan Kodam VI Mulawarman dan sejumlah pejabat dari lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan dan dari DPRD Kota Balikpapan.

Upacara pembukaan Latma ini digelar di 3 tempat berbeda yang dilaksanakan pada waktu yang bersamaan, yaitu dipusatkan di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sementara itu Mayjen TNI Heri Wiranto dalam hal ini mewakili KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan amanat tertulis KASAD, yang isinya diantaranya adalah latihan bersama Garuda Shield yang ke-15 tahun ini merupakan latihan terbesar yang dilaksanakan oleh kedua negara dengan tema latihan, meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara, yang akan diselenggarakan di tiga tempat berbeda, yaitu di Puslatpur Kodiklatad -Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Kemudian di Amborawang, Balikpapan, Kalimantan Timur dan Makalisung, Manado, Sulawesi Utara.

Lebih lanjut Mayjen TNI Heri Wiranto saat membacakan amanat tertulis KASAD menyampaikan, bahwa Tujuan dari Latihan bersama ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD, melainkan mengembangkan materi pelajaran lain, seperti prosedur pengambilan keputusan taktis (PPKT), drill taktis, penggunaan Multiple Integrated Laser Engagement (MILES), penggunaan Phase Line berupa pengiriman hasil intai daerah operasi menggunakan Drone (UAS) ke Heli Apache dan penembakan roket ASTROS serta HIMARS.

Lebih lanjut Mayjen TNI Heri Wiranto dalam amanat tertulis KASAD menyampaikan, pada Latma tahun ini, materi lain yang dilatihkan adalah Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex) serta dua program latihan yang akan digabungkan, yaitu Joint Combined Exchange Training (JCET) dan Garuda Airborne. “Karena itu, saya berharap Latma Garuda Shield-15/2021 ini dapat terus kita tingkatkan sebagai simbol kekuatan dan wujud diplomasi militer kita dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas keamanan,” ujar Jenderal berbintang dua tersebut saat membacakan amanat KASAD.

Berdasarkan data yang dikutip dari Dispenad, pada Latma ini diikuti oleh 2.246 orang personel TNI AD dan 2.282 personel Angkatan Darat Amerika Serikat atau US Army. Sedang untuk di Balikpapan, Latma yang akan diselenggarakan dari hari ini, tanggal 4 Agustus hingga 14 Agustus 2021 mendatang, dengan melibatkan personil TNI AD sebanyak 250 prajurit dan ada sebanyak 122 personel US Army  yang turut bergabung dalam latihan bersama ini . Para prajurit Amerika Serikat ini dipimpin oleh Captain David Moets, Charlie Company Commander, BN 1-21.

Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Darat. Foto dan Editor : Alfian Tamzil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *