Umum

ORARI Lokal Balikpapan Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2021

BALIKPAPAN—Polresta Balikpapan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2021 yang dilaksanakan di halaman Markas Polresta Balikpapan, Rabu (5/5/2021).

Pada Apel Gelar Pasukan ini, yang menjadi inspektur upacara adalah Kombes Pol Turmudi SIK dan diikuiti oleh seluruh pejabat utama di lingkungan Polresta Balikpapan. Sejumlah anggota Polri dari berbagai Satuan. Serta hadir pula diantaranya ORARI Lokal Balikpapan, RAPI cabang Balikpapan, Basarnas dan Senkom Polri.

Kombes Pol Turmudi dalam amanatnya menyampaikan, bahwa Operasi Ketupat ini memang sudah menjadi agenda rutin tahunan, khususnya menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh pada tanggal 14 Mei mendatang. “Operasi ketupat ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun menjelang Idul Fitri. Tujuannya adalah untuk mengatur kelancaran lalu lintas khususnya pengguna kendaraan bermotor,” ujar perwira dengan tiga melati di pundaknya itu.

Ia juga mengatakan, di tengah Pandemi Covid 19 ini, Pemerintah Republik Indonesia sudah sepakat untuk tidak berlebaran di luar kota. “Bapak Presiden sudah mengintruksikan kepada semua aparatur negara, swasta dan semua lapisan masyarakat, agar berlebaran di rumah saja dan jangan mudik. Hal ini sudah menjadi perintah presiden. Jadi kami kami ini lah yang akan menerapkan perintah presiden tersebut di jalan,” imbuhnya.

Dalam Operasi Ketupat ini, jajaran kepolisian tidak hanya bekerja sendiri. Mereka dibantu oleh ORARI Lokal Balikpapan, RAPI Cabang Balikpapan, Senkom dan Basarnas. “Anggota kami nanti akan didampingi oleh para mitra kami. Seperti ORARI, RAPI, Senkom dan Basarnas. Kita saling berkolaborasi demi kelancaran jalannya perayaan hari raya Idul Fitri baik seminggu sebelum lebaran hingga seminggu sesudah lebaran,” ujarnya.

ORARI Lokal Balikpapan sendiri akan menurunkan beberapa tim andalannya yang siap siaga memantau di pos pos yang telah disiapkan oleh Polresta Balikpapan. Di mana selama ini ORARI Lokal Balikpapan memiliki peranan yang sangat penting dalam misi kemanusiaan bersama-sama Polri, TNI, Basarnas dan Pemerintah Kota Balikpapan, khususnya dalam hal komunikasi radio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *