Umum

Semaraknya Lomba Teknologi Tepat Guna yang Digagas DP3AKB Kota Balikpapan

BALIKPAPAN—Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan menggelar lomba Teknologi Tepat Guna yang dilaksanakan di Balikpapan Plaza Balikpapan Jumat – Minggu (10-12/06/2022).

Esti Santi Pratiwi selaku Plt Kabid DP3AKB Kota Balikapapan mengatakan, pemberdayaan masyarakat ini adalah salah satu bidang yang masuk ke Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunngan anak dan Keluarga Berencana, yang sebelumnya belum ada. “Rencananya tahun depan bidang Pemberdayaan Masyarakat akan masuk ke kami. Sebelumnya masuk di Dinas KUMKMP Salah satunya adalah menggelar kegiatan adalah Lomba Teknologi Tepat Guna. Dan ini baru pertama kali kami gelar,” ujar Esti.

Lomba Teknologi Tepat Guna ini menurut Esti Santi Pratiwi, awalnya di setiap kecamatan itu mengajukan peserta 2 tim, yang terdiri dari 2 kategori, pelajar/mahasiswa, kategori umum Posyantek. Namun ternyata ketika tingkat penjurian di tingkat kecamatan, hasilnya hanya ada 2 kategori saja, yaitu kategori pelajar/mahasiswa dan umum.

Pada lomba kegiatan teknologi tepat guna ini, ada 3 peserta  kategori pelajar/mahasiswa dan 6 kategori umum. Lomba yang diselenggarakan ini yang menjadi kriteria penilaian adalah apakah teknologi tepat guna ini dapat berguna untuk masyarakat, murah yang merupakan hasil penemuan sendiri dari masyakarat.

Dalam lomba teknologi tepat guna ini yang menjadi juri seluruhnya dari kalangan akademisi, diantaranya Maria Ulfa ( Poltekba), Intan Dwi ( ITK), Manase ( Uniba ), Budi Wahyudi (DKUMKMP) dan Agus Wahono ( Forum Posyantek)

Ke 9 peserta itu adalah :

Kategori Umum :

Kategori Pelajar :

Menurut Esti, bagi yang berhasil meraih juara setiap kategori. Untuk juara 1 mendapat uang pembinaan Rp 3,5 juta. Juara 2 mendapat Rp 3,25 juta dan juara 3 mendapat uang pembinaaan sebesar Rp 3 juta.

Dalam lomba teknologi tepat guna kategori umum yang menjadi juara adalah Juara :

  1. Noor Mansyah dari Balikpapan Selatan
  2. Doddy Irawanto dari Balikpapan Kota
  3. Darsa Daeng dari Balikpapan Timur
  4. Muhammad Ridwan dari Balikpapan Barat
  5. Prayitno dari Balikpapan Utara
  6. Sudaryanto dari Balikpapan Tengah

Untuk Kategori pelajar/mahasiswa

  1. Gusti Ananda, Ganiel dari Balikpapan Kota
  2. Giza, Anas, Daffa dan Djosua dari Bpp Selatan
  3. Karang Taruna Adipura dari Balikpapan Tengah

Penulis : Alfian Tamzil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *