Tokoh

Masyarakat Adat Dayak Balikpapan Utus Dr Abriantinus Maju di Pilwali

BALIKPAPAN – “Kini sudah saatnya. Inilah waktunya ada perwakilan dari masyarakat adat Dayak di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan,”. Itulah yang diungkapkan para tokoh adat Dayak Balikpapan ketika mereka berkumpul di sebuah acara Temu kangen Komunitas Dayak di halaman Kantor Sekretariat Komando Pengawal Pusaka Adat Dayak (KOPPAD) Borneo, di Jalan M T Haryono, Gunung Samarinda Baru Balikpapan Utara, Sabtu (15/2/2020).

Acara Temu Kangen komunitas masyarakat Dayak yang digarap oleh Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) Balikpapan ini dihadiri oleh Seluruh Tokoh Dayak dari masing-masing Sub Suku Dayak yang ada di Kota Balikpapan dari Suku Dayak Paser, Bahau, Kenyah, Lundayeh, Ngaju, Dusun Ma’anyan dan Ahe.

Acara ini dihadiri langsung Wali Kota Balikpapan, H Rizal Effendi SE, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, SIK beserta jajarannya dan Dandim 0905 Balikpapan, Letkol Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa.
Berkumpulnya seluruh petinggi adat Dayak di Balikpapan ini selain mempererat tali persaudaraan maupun memperkuat kebersamaan, juga menyatakan sikap untuk mengusung Dr Abriantinus MA untuk ikut dalam pesta demokrasi Balikpapan sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Balikpapan Periode 2020-2025.

“Ada beberapa hal yang kami deklarasikan dalam kesempatan ini. Diantaranya kami mendukung Kaltim sebagai Ibu Kota Negara dan mengambil bagian dalam menjaga kondusifitas di Kaltim khususnya di Kota Balikpapan. Selain itu juga kami mendeklarasikan untuk memberikan dukungan penuh kepada Dr Abriantinus, M.A di Pilwali Balikpapan, ” ujar Ketua PDKT Kota Balikpapan .

Yang menjadi motivasi bagi masyarakat Dayak Balikpapan untuk memberikan dukungan kepada Abriantinus, karena sosok Abriantinus memiliki jiwa enterprener yang baik, wawasan yang luas, tegas dan tekun. Selain itu Abriantinus juga dinilai sangat paham terhadap organisasi dan menjadi salah satu tokoh teladan Balikpapan.

Selain memiliki gelar sarjana Strata 3 Ilmu Teologi. Ia juga menjabat di posisi posisi strategis di berbagai organisasi. Baik itu organisasi usaha. organisasi budaya. organisasi profesi dan masih banyak lagi. ia selalu ditempatkan sebagai ketua, minimal menjadi wakil ketua di organisasi yang digelutinya.

Sementara itu, Walikota Balikpapan H.M Rizal Effendi merasa bangga dengan kekompakan masyarakat Dayak di Balikpapan yang terus terjalin baik sehingg berdampak terjaganya konduaifitas keamanan Kota Balikpapan.

“Saya bangga dengan warga Dayak Balikpapan yang tetap komit dengan kebersamaannya. Semua tokoh Dayak hadir dalam pertemuan ini. Terlepas dari itu, Terkait dukungannya terhadap Dr Abriantinus di Pilwali, sebagai pribadi saya juga mendukung sekaligus mengucapkan selamat berjuang di pesta Demokrasi nanti, ” ujar Rizal.

Senada juga diungkapkan Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi. Namun harapannya, masyarakat Dayak Balikpapan agar tetap pada komitmennya dalam ikut menjadi bagian dalam menjaga kondusifitas keamanan saat pesta demokrasi nanti.

Sementara itu, Dr Abriantinus mengatakan, dirinya merasa bangga dan terharu dengan apa yang sudah dilakukan semua Tokoh Dayak Balikpapan yang mendorongnya untuk ikut dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan 2020.

“Saya sangat terharu dengan apa yang dilakukan kerabat-kerabat Dayak ini. Ini seperti diberi tanggungJawab besar menjadi salah satu utusan warga Dayak Balikpapan. Saya sangat mengapresiasi dukungan ini. Dan saya akan melakukannya dengan sebaik mungkin,” ujar Abriantinus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *