Umum

ORARI Lokal Balikpapan Turut Amankan Natal dan Tahun Baru 2020

BALIKPAPAN—Sudah seperti biasanya menjelang peringatan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020, jajaran Kepolisian selalu menggelar dan mendirikan posko-posko pengamanan di beberapa titik di wilayah hukum Kota Balikpapan. Namun posko pengamanan ini tidak hanya diisi oleh jajaran kepolisian saja, namun juga melibatkan instansi lain seperti TNI, Dinas Perhubungan serta ORARI, Senkom dan RAPI.

Ketua ORARI Lokal Balikpapan H Makkulawu mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Seperti menjelang hari hari besar keagamaan, baik perayaan Idul Fitri maupun perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 kali ini. “Yah ini sudah biasa kami dilibatkan. Dan kami selalu siap membackup dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru kali ini,” ujar H Makkulawu kepada media ini.

Ia juga menyampaikan, bahwa ORARI, RAPI dan Senkom beserta anggota Polri dan TNI akan bersinergi di dalam melakukan pengamanan. Namun ORARI lebih kepada memberikan informasi situasi terkini di semua posko posko dan daerah daerah lainnya dengan menggunakan jalur amatir radio.

Dengan mengambil sandi Pos Terpadu Operasi Lilin Mahakam 2019 ini tersebar di 7 wilayah. Yaitu pos terpadu penyeberangan ferry Kariangau, Bandara SAMS, Pelabuhan Semayang, Terminal Batu Ampar, Pos Plaza Balikpapan, Pos Pengamanan KM 5 Jalan Soekarno Hatta dan Pos Pengamanan Manggar.

H Makkulawu juga menyampaikan, bahwa personilnya akan mengisi setiap posko tersebut dengan jumlah 3 orang anggota. Para personil ORARI Lokal Balikpapan ini akan bertugas penuh dan sistem bergantian. “Kami akan berjaga dan standbye di posko posko pengamanan itu secara bergantian. Kebetulan anggota kami banyak. Mereka sudah terbiasa menjalani tugas seperti ini. Bagi kami di ORARI tugas ini sebuah panggilan nurani. Kami bangga. Bahkan kami tidak berharap apa-apa. Jadi sekali lagi tugas ini adalah hal yang biasa. Dan kami tulus menjalaninya,” ujar H Makkulawu.

Penugasan personil ORARI Lokal Balikpapan dalam rangka membackup Operasi Lilin Mahakam 2019 ini akan berlangsung mulai tanggal 23 Desember hingga tanggal 3 Januari 2020 yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *