Umum

Semaraknya Launching Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020, Ribuan Warga Tumpah Ruah

BALIKPAPAN—Sedikitnya ada tiga ribuan orang menghadiri  Launching Pilkada Kota Balikpapan 2020 yang dilaksanakan di DOME Balikpapan, Rabu (9/10/2019).

Pada acara itu hadir di antaranya Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Timur Rudiansyah beserta anggota. Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha beserta seluruh komisionernya. Serta Ketua dan Komisioner KPU dari seluruh kabupaten kota yang ada di Kalimantan Timur. Turut hadir pula sejumlah ketua dan komisioner KPU dari luar Kalimantan. Yaitu KPU Cilegon dan KPU Aceh Raya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi, seluruh pejabat utama yang ada di lingkungan Pemkot Balikpapan, mulai dari Sekda, para asisten, para kepala dinas, kepala bagian, seluruh camat dan lurah sekota Balikpapan. Serta hadir pula para tokoh masyarakat, tokoh agama, seluruh paguyuban yang ada di Balikpapan. Para Ormas dan OKP seBalikpapan. Para komunitas yang ada di Balikpapan. Serta dihadiri pula seluruh Ketua RT seBalikpapan. Dan ratusan pelajar dari seluruh SMA dan SMK sebalikpapan. Dan puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Balikpapan. Dengan total jumlah yang hadir sekitar 3500 orang. Sehingga acara ini terlihat begitu semarak ditambah tingginya antusias peserta yang hadir pagi itu

Ceremonial Launching Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020 ini dimulai dengan tarian khas Dayak sebagai pertanda menyambut kedatangan tamu, yang sudah menjadi tradisi bagi warga Kalimantan Timur apabila ada pejabat yang hadir di bumi Kalimantan.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dalam sambutannya mengatakan, kegiatan launching ini sengaja digelar untuk memnberitahukan kepada seluruh warga Balikpapan. Dan ia juga menyampaikan bahwa KPU Kota Balikpapan telah siap untuk melaksanakan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020.

Kesiapan KPU Kota Balikpapan dalam menghadapi Pilkada tahun depan menurut Noor Thoha tak lepas dari dukungan dari Pemerintah Kota Balikpapan, yang telah menyetujui anggaran yang diajukan KPU Kota Balikpapan kepada Pemerintah Kota Balikpapan. “Ini ditandai dengan NPHD yang dilaksanakan pada tanggal 19 bulan 9 tahun 2019. Kami sengaja mengambil tanggal yang bagus supaya mudah diingat,” ujar Noor Thoha.

Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan, bahwa pada Pilkada yang akan datang, hendaknya pilihlah pemimpin yang bukan hanya sekedar berintegritas, tetapi pilihlah pemimpin yang bermartabat. Ujar Rizal Effendi disambut riuh tepuk tangan ribuan undangan yang hadir pada acara itu.

Dia juga menyampaikan, bahwa total biaya yang dikucurkan pada pelaksanaan Pilkada Kota Balikpapan ini mencapai Rp 73,3 miliard. Itu meliputi biaya untuk KPU Kota Balikpapan, Bawaslu Kota Balikpapan dan biaya pengamanan dari Polres Balikpapan.

Rizal juga sempat memberi ilustrasi, jika anggaran sebesar 73,3 miliard rupiah tersebut dibagi dengan 460.000 pemilih tetap. Maka biaya atau harga satu suara itu kira kira Rp 170.000 untuk biaya satu suara. “Jadi kita mohon betul saudara-saudara, karena berapapun yang memilih, itu biaya tidak bisa dikurangi. Jadi partisipasi suara tadi kita harapkan supaya biaya tadi tidak terbuang percuma. Karena biaya yang sudah dikeluarkan itu tidak dapat dikurangi. Untuk kami memohon partisipasi warga untuk memilih. Sebab memilih ataupun tidak biaya yang telah ditetapkan sudah pasti keluar,” himbau Rizal lagi.

Sementara itu Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya sengaja hadir pada acara ini dikarenakan ia adalah kordinator wilayah, yang salah satunya adalah Provinsi Kalimantan Timur.

Pramono juga mengatakan NPHD yang sudah ditandatangani KPU Kota Balikpapan bersama dengan Pemerintah Kota Balikpapan pada 19 September 2019 yang lalu. Merupakan penandatangan paling awal dari 270 daerah seluruh Indonesia. “KPU Kota Balikpapan merupakan 5 KPU pertama yang melakukan penandatangan NPHD dari 270 KPU kabupaten kota seIndonesia,” ujar Pramono disambut teput tangan undangan yang hadir.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi beserta seluruh jajarannya yang telah memberikan dukungan untuk kegiatan Pilkada Balikpapan Tahun 2020 mendatang.

Pada acara ini pula sempat diadakan pelepasan ratusan burung merpati  dan pelepasan balon udara di luar gedung. Kemudian dirangkai dengan pengumuman pemenang Sayembara Maskot dan Jingle Pilkada Kota Balikpapan tahun 2020. Sekaligus menampilkan maskot serta jingle yang menjadi juara pertama

Selain itu , acara ini juga diisi oleh stand up comedy, yang diisi oleh gamayel. Salah seorang komika papan atas yang pernah menjadi juara ke 3 pada ajang lomba stand up comedy tingkat nasional beberapa tahun lalu.

Di bagian terakhir acara, panitia mendatangkan Prie GS untuk memberikan kuliah umum dengan materi menyampaikan paparan budaya membangun demokrasi, mencari pemimpin yang berintegritas menuju Balikpapan Sejahtera.

Prie GS ini mampu menghibur undangan yang hadir, sebab kehadiran Prie GS mampu membuat suasana menjadi segar. Dikarenakan paparan yang disampaikan Prie GS berbobot dan mudah dimengerti oleh semua undangan yang hadir. Prie GS sendiri cukup dikenal di Indonesia. Ia merupakan budayawan intelektual tingkat nasional  yang acap kali  diundang sebagai pembicara di berbagai kegiatan yang digelar di hampir seluruh daerah di Indonessia .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *