Umum

Tak Mengenal Cuaca dan Medan, Dengan Penuh Ketulusan ORARI Lokal Balikpapan Tetap Eksis Hingga Sekarang

BALIKPAPAN–Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Balikpapan hingga kini tetap eksis. Walau usianya sudah tidak muda lagi. Organisasi radio ini masih tetap berjalan, meski sudah memasuki usia 40 tahun sejak berdirinya di Balikpapan.

keberadaan ORARI selalu dibanggakan oleh semua lapisan masyarakat dan sejumlah pejabat dari berbagai elemen. Mulai dari Pemerintah Kota, TNI dan Polri serta masyarakat luas. Hal ini wajar saja, sebab masyarakat hanya berharap kepada ORARI untuk mendapatkan informasi apabila ada kejadian bencana alam, kebakaran, kecelakaan serta peristiwa lainnya.

ORARI Lokal Balikpapan sendiri saat ini anggotanya mencapai 400an orang. Hebatnya, di ORARI ini anggotanya terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari Walikota Balikpapan, Wakil Walikota Balikpapan, sejumlah pejabat yang di lingkungan TNI dan Polri, pengusaha, tokoh masyarakat hingga dari masyarakat biasa pun ada yang bergabung di ORARI.

Ketua ORARI Lokal Balikpapan H Makkulawu mengatakan, keberadaan ORARI di Balikpapan dimulai di sekitar tahun 1980an. Saat itu anggotanya masih sedikit. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah anggota ORARI Lokal Balikpapan terus mengalami peningkatan.

Sebagai organisasi radio amatir yang disyahkan oleh pemerintah. Maka pengurus maupun anggota ORARI biasa tidak sembarangan untuk bisa bergabung di ORARI. “Semua anggota ORARI wajib mengikuti ujian negara. Ini adalah syarat mutlak bagi semua calon anggota amatir atau biasa disebut Camar,” imbuhnya.

Untuk ujian sendiri bagi anggota ORARI ada beberapa tingkatan. Yang pertama adalah Calon Amatir atau Camar, kemudian Siaga, lalu Penggalang dan Penegak. Dan itu semua wajib dilalui oleh semua anggota..

ORARI Lokal Balikpapan sendiri merupakan salah satu organisasi radio amatir resmi yang terbilang paling eksis dan cepat tanggap dalam menghadapi dan memantau berbagai kejadian maupun peristiwa yang ada di Balikpapan. Seperti bencana alam, kebakaran, kecelakaan lalu lintas serta peristiwa yang sifatnya bencana.

“Kami selalu sigap di setiap kali ada musibah. Dan selalu terdepan untuk memantau sebuah peristiwa yang selanjutnya ORARI akan langsung melaporkan kondisi terkini di setiap ada peristiwa bencana maupun kebakaran, kepada semua instansi terkait. Dan yang terpenting adalah, kami bertugas tanpa pamrih. Kami pun juga tidak berharap apa apa. Intinya kami bekerja dengan tulus dan iklas,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *