Umum

Disebut Sebagai Calon Walikota oleh Rizal Effendi, Madram Muhyar Hanya Tersenyum

BALIKPAPAN—Ada yang menarik perhatian peserta, saat Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi menyampaikan kata sambutan pada acara Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemkot Balikpapan dengan KPU Kota Balikpapan dan Bawaslu Kota Balikpapan, yang digelar di Ballroom Hotel Menara Bahtera Balikpapan, Kamis pagi (19/09/2019).

Saat itu, Rizal Effendi memberikan sambutan terkait dengan dana hibah yang diperuntukkan membiayai Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan tahun 2020.

Awalnya Rizal menyampaikan tentang dana yang digulirkan untuk kegiatan Pilwali tahun 2020. Namun disela-sela sambutannya, ia sempat bercerita bahwa sampai dengan saat ini sudah beberapa partai yang sudah melakukan penjaringan calon walikota. “Kita lihat di lapangan sudah ada PDIP yang telah membuka pendaftaran. Kemudian Demokrat juga sudah membuka pendaftaran. Nantilah kita lihat,” ujarnya.

Lebih lanjut Rizal juga menyampaikan tentang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020 mendatang, jika dilihat dari anggota DPRD Kota Balikpapan yang berjumlah 45 orang. Menurutnya itu bisa ada 4 pasang calon. “Mari kita lihat nanti, apakah 4 pasang. Saya dengar pasangan salah satunya adalah Kepala Keuangan kita yaitu Bapak Madram Muhyar. Pak Madram Muhyar juga sudah siap siap juga gitu. Didukung oleh KAHMI katanya begitu,” ujar Rizal Effendi seraya tertawa dan disambut riuh tepuk tangan peserta yang hadir di acara tersebut.

Dalam sambutan selanjutnya, ia mengatakan bahwa pencalonan ini terbuka bagi siapapun tapi yang duluan pendaftaran adalah dari jalur perorangan atau independen. Menurutnya untuk masuk melalui jalur independen tidaklah mudah. Sebab harus mengumpulkan foto kopi KTP sebanyak 8,5% dari jumlah pemilih. “Berarti ada empat puluh ribu fotokopi KTP. Dan itu hati hati jika hasil verifikasinya tidak memenuhi. Maka ganjarannya menjadi dua kali lipat  sebagai penggantinya. Jadi yang independent harus berhati-hati didalam pengumpulan KTP nantinya,” pungkas Rizal Effendi.

Sementara itu, Kepala BPKAD Setdakot Balikpapan Drs Madram Muhyar tidak mau bicara banyak, terkait dengan penyampaian  Walikota Balikpapan Rizal Effendi, yang menyebutkan bahwa Madram disebut-sebut  turut serta untuk meramaikan Pilwali Kota Balikpapan Tahun 2020. Ketika ditanya tentang pernyataan walikota yang menyebut dirinya sebagai bakal calon walikota, ia hanya membalas dengan senyum dan hanya sedikit berbicara. “Saya santai saja, mungkin beliau bercanda kali,” ujar Ketua KAHMI itu sambil tersenyum kepada sejumlah wartawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *