Umum

Datangkan Profesor dari Jepang, IEPF Indonesia Gelar Seminar Pendidikan Lingkungan

BALIKPAPAN–Indonesian Education Promotion Foundation (IEPF) akan mengadakan seminar yang bertajuk “Enviromental and Moral Education for Primary and High School Teachers” yang akan dilaksanakan pada Kamis 26 September 2019 bertempat di ballroom hotel Platinum, Balikpapan.

Seminar ini didukung oleh Japan International Coorperation Agency (JICA) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan. Dengan mengundang guru-guru dari 9 sekolah tingkat SMA, 23 sekolah tingkat SMP, 20 sekolah tingkat SD serta  5 mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di kota Balikpapan.

Adapun yang menjadi narasumber dalam seminar itu adalah Prof Shinji Nobira dari Aichi University of Education, Jepang. Seorang profesor dan pakar pendidikan lingkungan yang sengaja didatangkan dari Jepang.

Nur Rochmah, selaku Representatif of IEPF Indonesia mengatakan, bahwa seminar ini sengaja digelar di lingkungan sekolah, khususnya di lingkungan SMA, SMP dan SD tentang pentingnya pendidikan moral dan lingkungan. Di mana pendidikan lingkungan sangat berperan penting bagi setiap pelajar mulai dari SD hingga SMA.

IEPF sendiri merupakan lembaga non-profit yang saat ini lebih fokus pada pendidikan dan lingkungan. Organisasi ini sudah mulai terbentuk sejak tahun 2000 yang lalu. Hingga di tahun 2008, IEPF sudah mulai melakukan kegiatannya dengan acara membagikan alat-alat tulis ke anak sekolah di Indonesia.

Kala itu, dengan mengusung selogan ‘Relawan international dimulai dari satu pensil’ ternyata mendapatkan antuasiasme yang tinggi dari anak-anak. Hal inilah yang kemudian mendorong kedua negara, yakni antara Jepang dengan Indonesia, melalui kedua tangan Yasunobu Kuboki dan Fadillah Hasim, mereka membentuk sebuah lembaga guna mempromosikan pendidikan bagi anak-anak di Indonesia.

Menurut Nur Rocmah dengan melalui beberapa program kegiatannya, IEPF menjadi salah satu perantara bagi anak-anak lokal dan Jepang untuk memperoleh pemahaman dan kerja sama international. Lebih lanjut, Non-Governmental Organization (NGO) ini memiliki beberapa tujuan, satu di antaranya adalah memupuk kesadaran warga sekitar terhadap pentingnya menjaga lingkungan. Sementara program pendidikan lingkungan juga sudah mulai diterapkan pada beberapa sistem kurikulum di sekolah tingkat SD dan SMP.

Selain itu, program-program IEPF juga didukung oleh Japan International Coorporation Agency (JICA). Tahun 2014 sudah mulai mengembangkan kurikulum Pendidikan Lingkungan sebagai muatan lokal di Kota Tangerang Selatan sebagai pilot project. Karena dirasa pembelajaran pendidikan lingkungan itu sangat penting, saat ini IEPF sudah menyebarluaskannya di Kota Bogor dan Kota Balikpapan dengan menggandeng kerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat. Salah satu agenda dari program tersebut adalah penyebarluasan infromasi terkait pendidikan lingkungan di kota-kota lainnya.

Dengan mengusung tagline “Yuk Kita Buat Indonesia Bagus!” lembaga IEPF bergerak untuk menyemarakan pendidikan di Indonesia. Pada tanggal 26 September 2019 yang akan datang, IEPF akan menyelenggarakan seminar terkait Pendidikan moral dan Pendidikan lingkungan di Kota Balikpapan dengan mendatangkan pemateri Prof. Shinji Nobira dari Aichi University of Education, Jepang. “Sasaran peserta yang kami tuju yakni guru-guru SD, SMP, SMA dan Mahasiswa dari Universitas yang ada di Balikpapan. Melalui kegiatan yang akan dilaksanakan di Hotel Patinum ini, diharapkan pengetahuan terkait pembentukan karakter peduli lingkungan dapat diimplementasikan dengan baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari,” ujar Nur Rocmah.

Ia juga mengatakan sejak tahun 2017 hingga saat ini, IEPF yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan sedang menggembangkan kurikulum Pendidikan Lingkungan untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). “Waktu itu kami mengambil perwakilan 20 sekolah SD model sebagai pilot project, IEPF ingin kegiatan ini bisa berkelanjutan dan kurikulum pendidikan lingkungan dapat diimplementasikan dengan lebih baik,” ujar alumni Sastra Jepang Universitas Diponogoro Semarang itu.

Nur Rochmah, Representatif of IEPF Indonesia menerima penghargaan dari Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi saat peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019 lalu

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2019 yang lalu, IEPF mendapat penghargaan dari Pemerintah Kota Balikpapan atas dedikasinya dan sumbangsihnya dalam menempatkan pendidikan moral dan lingkungan di sekolah, baik dari SD dan SMP yang ada di Balikpapan. Saat itu Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Nur Rochmah selaku Representatif of IEPF Indonesia Balikpapan.

Penulis : Alfian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *