Tokoh

Ustadz Letkol Caj Drs. KH Solehuddin Siregar, Nyatakan Diri Maju pada Pilwali Balikpapan 2020

BALIKPAPAN—Dalam beberapa minggu terakhir ini, sudah ada beberapa tokoh, baik dari kalangan pengusaha, kalangan politisi maupun dari beberapa anggota DPRD yang sudah mendaftarkan diri ke beberapa partai politik. Mulai dari PDIP, Partai Nasdem dan Partai Demokrat yang sudah melakukan pendaftaran dan penjaringan untuk Pilkada Balikpapan tahun 2020.

Namun dari semua bakal calon walikota maupun wakil walikota yang mendaftar melalui jalur partai, rupanya ada salah serorang tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama yang bersedia maju melalui jalur independen. Ia adalah Letkol Caj Drs. KH. Solehuddin Siregar, MM. Ia adalah salah seorang perwira menengah yang bertugas di Bintal Kodam VI Mulawarman. Dengan jabatan sebagai Kabalak Bintaljarah Bintaldam VI/ Mulawarman.

Sosok Solehuddin Siregar, selain dikenal sebagai Perwira TNI di lingkungan Kodam dengan pangkat Letnan Kolonel. Ia juga merupakan salah satu ustadz terkenal yang ada di Balikpapan. Banyak kelompok pengajian yang menjadi muridnya yang tersebar di beberapa wilayah di Balikpapan.

Solehuddin sendiri merupakan Alumni Sepa Wamil tahun 1993 dan pernah menjalani tugas pada operasi perang di Timor Timur beberapa tahun lalu.

Selain seorang ustadz dan juga sebagai seorang prajurit aktif dengan pangkat Letnan Kolonel yang bertugas sebagai Kabalak Bintaljarah Bintaldam VI/Mulawarman. Iapun juga memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni. Ia merupakan sarjana S1 alumni IAIN Padang Sidumpuan dengan mendapat gelar ; Drs (Dokterandes). Sedang sarjana Strata 2 nya dari Universitas Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah, di situ ia berhasil meraih gelar sarjana MM (Megister Manajemen).

Selain memiliki sederet gelar sarjana, Letkol Caj Drs. KH. Solehuddin Siregar, MM, juga dipercaya untuk menduduki berbagai jabatan di luar militer. Diantaranya  :

1. Wakil Ketua PC NU  Bpn thn 1998

2. Ketua Pagar Nusa NU Bpn sd sekarang.

3. Ketua Dewan Masjid Indonesia DMI Kota Bpn sd sekarang.

4. Ketua Masjid Agung Attaqwa Kota Bpn sd sekarang.

5. Pembina pengasuh beberapa Majelis Ta’lim kota bpn sd sekarang.

6. Dosen di STAI Ibnu Kholdun thn 1999.

7. Dosen di LP3I thn 2008.

8. Ketua GP Ansor Padangsidimpuan thn 1989

9. Ketua PC PMII Padangsidimpuan othn 1987

Memasuki tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2020. KH Solehuddin mengaku siap untuk meramaikan kontestasi pemilihan kepala daerah di Kota Balikpapan. Dirinya bersedia maju melalui jalur independen. “Mohon doanya kawan. Saya akan maju melalui jalur independen,” ujarnya.

KH Solehuddin Siregar sendiri sudah sejak dulu aktif sebagai ustadz dan cukup dikenal di Balikpapan. Ia acap memnberikan ceramah agamanya ke berbabagi lapisan masyarakat. Mulai dari acara acara besar keagamaan di berbagai masjid yang ada di Balikpapan. Menjadi khatib setiap Jumat di hampir setiap masjid yang ada di Balikpapan . Serta iapun sering memberikan ceramah di berbagai kelompok pengajian, baik pengajian kalangan laki laki, maupun kelompok pengajian wanita yang ada di Balikpapan.

Penulis : Alfandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *