Tokoh

Sepak Terjang Rendi Ismail, yang Sarat Pengalaman

Nama Rendi Susiswo Ismail, bagi kalangan masyarakat Balikpapan sudah cukup dikenal. Belakangan Ia dikenal sebagai Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi (Yapenti) Dharma Wirawan Kalimantan Timur, Universitas Balikpapan.

Di masa kepemimpinannnya, Universitas Balikpapan mengalami perubahan luar biasa. Diawal ia memimpin Uniba, kampus Uniba masih terbilang biasa saja. Namun dalam kurun 5 tahun belakangan ini. Kampus Uniba berubah drastis. Bahkan boleh dibilang sebagai salah satu kampus terbaik yang ada di Kalimantan.

Saat ini Kampus Uniba masih terus melakukan pengembangan. Dengan 2 buah gedung berlantai 8 dengan desain yang kombinasi Eropa dan ornamen Kalimantan yang megah. Menjadikan kampus ini membuat banyak orang terpukau. Sebab selain bentuk bangunan yang bagus. Kampus ini juga memiliki fasilitas lift dan ruang pertemuan yang mampu menampung 5000 orang di aula yang letaknya di lantai 8. Lantai tertinggi di kampus tersebut.

Selain berhasil mengembangkan Uniba yang terbilang pesat, Rendi juga sempat mengemban jabatan strategis. Yaitu sebagai ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Balikpapan. Di tempat ini ia sempat menjabat 2 periode.

Tak hanya menduduki jabatan strategis di bidang usaha dan pendidikan saja. Rendi juga pernah menjabat diantaranya :

1. Mantan Ketua Senat Mahasiswa STIE Balikpapan

2. Sekretaris Umum PD IPM Balikpapan Paser

3. Mantan Pj Ketua Umum HMI Cabang Balikpapan (masa transisi)

4. Ketua DPD KNPI Kota Balikpapan (2 periode)

5. Mantan Ketua Majelis Pemuda Indonesia/KNPI Kota Balikpapan (2 periode)

6. Mantan Sekretaris ICMI Kota Balikpapan

7. Mantan Sekretaris BPC GAPENSI Kota Balikpapan

8. Mantan Ketua Aspekindo Provinsi Kalimantan Timur

9. Mantan Ketua KPU Kota Balikpapan

10. Anggota FKPPI Kota Balikpapan

11. Ketua PENGCAB IPSI Kota Balikpapan

12. Ketua PDK KOSGORO Provinsi Kalimantan Timur

Selain menduduki berbagai jabatan strategis baik di bidang dunia usaha, pendidikan dan organisasi kepemudaan. Rendi Ismail juga sempat menjabat :

1. Mantan Sekretaris BAPEKADA DPD Partai Golkar Kotamadya Balikpapan (sebelum reformasi)

2. Mantan Wakil Ketua DPD Partai Golongan Karya Kotamadya Balikpapan, juga sebelum reformasi.

Kemudian, ia pun sekarang  menjabat sebagai :

1. Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi (Yapenti) Dharma Wirawan Kalimantan Timur – Universitas Balikpapan.

2. Direktur Rendi Institute

3. Ketua Yayasan wakaf Al Mukaromah Bumi nata, Pondok Pesantren Modern Al Munawwarah Balikpapan.

Dari sekian banyak jabatan yang pernah diembannya itu dalam kurun waktu hampir 30 tahun. Rendi terbentuk menjadi pribadi yang memiliki wawasan luas. Menjadi seorang leader. Berintegritas dan memiliki kemampuan publik speaking yang baik. Maka wajar, tatkala dia menjadi nara sumber, tak sedikit orang yang memujinya. Sebab setiap kali ia menjadi nara sumber ataupun memberikan kuliah umum, ia mampu membawa suasana menjadi bergairah. Hingga seluruh peserta yang hadir merasa puas dengan apa yang disampakan Rendi.

Rendi Susiswo Ismail, selain dikenal memiliki berbagai pengalaman dalam memimpin beberapa organisasi yang ada di Balikppan maupun di Kalimantan Timur. Iapun memiliki latar belakang pendidikan yang baik. Sejak dari sekolah dasar hingga ia berhasil mendapat gelar Doktor dari Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Brawijaya.

Berikut riwayat pendidikan yang pernah ditempuhnya, yaitu :

1. SD Negeri 32 Petung, Kabupaten Penajam Paser Utara.

2. SMP PGRI Petung

3. SMA Muhammadiyah Balikpapan

4. SPK RSU Balikpapan

5. S-1 Manajemen Keuangan STIE Balikpapan/STIE Kosgoro

6. S-1 Ilmu Hukum – Fakultas Hukum Universitas Abdurahman Saleh

7. S-2 Magister Ilmu Hukum Universitas Brawijaya

8. S-3 Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Brawijaya.

Dari sekian banyak jabatan strategis yang pernah diembanya, kini ia lebih fokus mengembangkan Universitas Balikpapan, yang sudah dirintisnya sejak 6 tahun lalu. Hingga kini Kampus Universitas Balikpapan telah berubah menjadi kampus yang megah. Bahkan salah satu kampus swasta termegah di Kalimantan Timur. Dengan jumlah mahasiswa belasan ribu orang dengan 12 program studi.

Sosok Rendi Ismail yang dikenal banyak orang ini, ternyata baru  sedikit yang tahu tentang gelar sarjana yang kini disandangnya. Kini  gelar sarjana yang disandingkan di namanya itu adalah : DR. Can Rendi Susiswo Ismail, SE, SH, MH.

Pria kelahiran Balikpapan 17 Agustus 1963 itu memiliki istri bernama Hj Syarifah Hasyimiah Alaydrus. Kini selain menjabat Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi (Yapenti) Dharma Wirawan Kalimantan Timur – Universitas Balikpapan. Ia juga menjabat sebagai Direktur Pasca Sarjana, Magister Ilmu Hukum, Universitas Balikpapan. Dan juga ia merupakan seorang dosen Fakultas Hukum dan Magister Hukum Universitas Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *