Umum

60 Pelajar Pilihan Dikukuhkan Sebagai Duta Pemilu KPU Kota Balikpapan

BALIKPAPAN—Sebanyak 60 pelajar dari sejumlah SMA dan SMK baik negeri dan swasta yang ada di Balikpapan secara resmi dikukuhkan oleh KPU Kota Balikpapan yang digelar ball room Hotel Menara Bahtera Rabu (17/07/2019).

Hadir pada acara itu Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan seluruh komisioner. Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani. Asisten I Sekdakot Balikpapan Syaiful Bahri. Serta sejumlah kepala sekolah yang siswa siswinya terpilih sebagai Duta Pemilu.

Pengukuhan ini sengaja dilakukan KPU dengan harapan agar para pelajar ini dapat melakukan sosialisasi di lingkungannya, khususnya di lingkungan sekolah. Sebelum dikukuhkan menjadi Duta Pemilu, para pelajar ini sebelumnya telah diseleksi oleh pihak sekolah. Kemudian mereka mengikuti bimbingan teknis yang dilakukan oleh KPU Kota Balikpapan. Di mana masing masing sekolah hanya diwakili 2 pelajar saja dari 30 sekolah.

Sekretaris KPU Kota Balikpapan Drs Syabrani dalam sambutannya mengatakan, dibentuknya Duta Pemilu ini dinilai perlu, mengingat mereka masuk dalam kategori pemilih pemula, yang usianya memasuki 17 tahun atau sudah berusia 17 tahun. “Pilkada Balikpapan Tahun 2020 nantikan mereka ini sudah berusia 17 tahun. Maka dari itu kami memilih pelajar yang kelas 2 atau 3. Yang nanti pada Pilkada mereka sudah memiliki hak pilih,” ujar Sybrani.

Ia juga menyebut, jumlah lulusan SMA dan SMK sekota Balikpapan ini mencapai hampir 10 ribu orang setiap tahunnya. Untuk itu pembentukan Duta Pemilu dinilai sangat berarti karena jumlah pemilih di tingkat pemilih pemula ini berpengaruh pada partisipasi jumlah pemilih. Baik itu Pemilu  ataupun Pilkada 2020 yang akan datang.

Selain melakukan sosialisasi secara efektif di sekolah masing masing. Para Duta Pemilu ini juga diharapkan mampu bersosialisasi di lingkungan rumahnya sendiri, seperti keluarga. Juga di luar sekolah dan keluarga, seperti lingkungan tetangga tempat mereka tinggal atau komunitas mereka di luar lingkungan sekolah. “Mereka inikan sudah kita bekali. Sudah mengikuti Bimtek juga. Dan sering berkordinasi dengan kami. Harapannya mereka mampu bersosialisasi dengan baik. Jadi tidak sembarangan mengukuhkan begitu saja,” imbuhnya.

Pembentukan Duta Pemilu ini merupakan angkatan pertama yang dibentuk. Dan Duta Pemilu ini merupakan yang pertama kali dibentuk di Provinsi Kalimantan Timur. “Ini yang pertama, nanti akan ada Duta Pemilu angkatan ke dua dan seterusnya. Dan ini menjadi bagian sejarah di KPU, sebab sebelumnya belum pernah ada Duta Pemilu dari pelajar di Kaltim,” pungkas Syabrani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *