BALIKPAPAN–Perayaan Natal anggota TNI khususnya keluarga besar Kodam VI Mulawarman   Tahun 2018 berlangsung dengan semarak namun khidmat. Sedikitnya, ada 750 prajurit Kodam VI Mulwarman dan keluarganya yang beragama Nasrani memenuhi aula Makodam VI Mulawarman, Jumat siang (25/1/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Pangdam VI Mulawarman  Mayjen TNI Subiyanto, para pejabat utama Kodam, perwakilan dari Polda Kaltim, perwakilan dari Pemkot Balikpapan, Pastor Paulinus Maryanto Yoga Pambajeng.OMI, Pendeta DR. Samuel Kusuma. M.Th., dan Pendeta Frediston Sileti, S.Th,.

Perayaan natal bersama tersebut dihadiri kurang lebih 750 prajurit dan PNS Kodam VI Mulawarman sendiri  beserta keluarga. Dengan tema acara ” Jadikan Hikmah Natal Tahun 2018 sebagai Perwujudan Profesionalisme Prajurit dan PNS TNI AD untuk Rakyat”.

Ketua panitia penyelenggara, Kolonel Cpl Taufan Tjandra Kusuma, S.I.Pem mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak perayaan Natal Kodam VI Mulawarman yang tadi sudah diawali dengan Ibadah Natal yang di pimpin oleh Pendeta DR. Samuel Kusuma. M.Th.

Lebih lanjut Pendeta Samuel Kusuma menyampaikan, kegiatan perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memelihara kebersamaan dan persaudaraan antar sesama umat Kristiani dan secara umum kepada warga dan masyarakat di lingkungan wilayah Kodam VI Mulwarman yang diimplementasikan melalui beberapa kegiatan sebagai wujud pengabdian kepada negara tercinta Indonesia.

Sementara itu Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto  dalam sambutannya mnegatakan perayaan Natal mengingatkan kita, peristiwa kelahiran dan perjuangan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat yang membawa kedamaian, kebenaran dan kesejahteraan bagi umat.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto saat memasuki tempat acara dengan disambut tarian adat Dayak

Pangdam berharap ke depan para umat Nasrani akan meningkatkan ketaatan dalam menjalankan ibadah sekaligus memperkokoh kebersamaan, persatuan dan kesatuan yang dilandasi semangat cinta kasih Kristus. “Mari kita memetik makna yang terkandung dalam hikmah Natal tahun ini untuk dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” ujar Jenderal berbintang 2 tersebut.

Di sela sela acara perayaan Natal Bersama ini, Mayjen TNI Subiyanto berkesempatan menemui sejumlah wartawan. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini baru bisa dilaksanakan pada hari ini. “Seharusnya minggu lalu, tapi karena saya ada kegiatan, maka menunggu waktu saya yang luang. Untuk itu acara perayaan Natal Bersama ini baru kita bisa laksanakan hari ini,” ujar Subiyanto.

Ia juga menambahkan, awalnya acara ini digelar hanya untuk kalangan internal Kodam VI Mulawarman sendiri. Namun Pangdam  VI Mulawarman memiinta kepada ketua panitia penyeleggara, agar acara Natal bersama ini mengundang pihak luar. Seperti dari Polda. Pejabat di lingkungan Pemkot Balikpapan. Ketua Pengadilan. Kepala Kejaksaan. Dan juga hadir dari Lanal Balikpapan serta Lanud Balikpapan. “Selain instansi pemerintah daerah, kepolisiaan, serta unsur yang tergabung dalam FKPD, juga kami undang unsur dari tokoh masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini pula, Pangdam VI Mulawarman juga mengutarakan kepada sejumlah wartawan, bahwa pada kesempatan ini, Panglima memohon untuk tetap menjaga toleransi yang sejauh ini sudah berjalan baik. “Kita sudah menuturkan kepada semua umat Nasrani pada perayaan Natal 25 Desember lalu, agar tetap menjaga toleransi. Saat itu saya bersama Pak Kapolda keliling, bagai mana rekan rekan umat muslim menjaga kegiatan mereka. inilah toleransi. Jadi ini yang saya tekankan kepada anggota saya pada perayaaan Natal Bersama kali ini,” pungkasnya.

 

Sumber : Pendam VI Mulawarman

Editor : Alfian Tamzil

 

 

 

 

(Pendam VI/Mlw).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here